Uncategorized
Trending

Pura Kereban Langit Sading, Pura Suci  Tempat Untuk Memohon Keturunan

Pura Keraban Langit terletak pada bangunan pura yang berada pada sebuah goa dengan kedalaman 6 meter, berada di tepi sungai dan dikelilingi oleh sawah.Ditambah unik dengan adanya lubang di atas goa tersebut sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam goa. Kondisi inilah sehingga pura suci ini dinamakan Pura Kereban Langit Sading yang mempunyai makna pura yang beratapkan langit dan berada dalam goa.

Ada Mata Air Suci yang diyakini bisa membawa berkah. Selain itu, pura ini sering digunakan sebagai tempat meditasi. Dewa yang menyembah di kuil ini adalah Dewa Wisnu, Ratu Gede Lingsir, Ratu Ayu dan Ratu Made. Pada hari-hari tertentu seperti Saraswati dan Siwaratri banyak orang mengunjungi tempat ini untuk beribadah dan bermeditasi menjadi apa yang mereka harapkan dan inginkan dapat di kabulkan.

Hal ini merujuk pada sebuah cerita, ada sepasang suami istri yang tidak dikaruniai anak setelah sekian tahun menikah. Lalu suami tersebut memohon kepada dewa agar istrinya bisa hamil dan dikaruniai seorang anak.

Akhirnya suami mendapat petunjuk untuk mencari air (Tirtha Selaka) yang berada dalam goa di Desa Sading. Kemudian air suci tersebut diminumkan kepada istrinya. Selang tak berapa lama istripun akhirnya mengandung dan melahirkan anak kembar.

Dari sejak itulah, Tirtha Selaka di Pura Kereban Langit disucikan dan dianggap membawa berkah.

Pura Keraban Langit terletak di Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Jarak Menuju Pura Keraban Langit sekitar 22 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Tags

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close